Pelatihan Menulis | Training Menulis

Saya sama sekali belum pernah menulis. Apakah ini akan menjadi hambatan untuk melajar menulis?

Dalam pengalaman kami, hambatan terbesar untuk mulai menulis bukan bahwa seseorang belum pernah menulis. Hambatan terbesarnya biasanya adalah keyakinan bahwa dirinya tidak bisa menulis. Karena yakin tidak bisa menulis maka setiap kesulitan dalam menulis akan dimaknai sebagai “bukti bahwa saya tidak bisa menulis.”

Ada begitu banyak orang yang bukunya luar biasa bagus walaupun buku itu adalah karya pertamanya. Jadi, belum pernah menulis sama sekali bukan halangan.

Anda yakin bahwa menulis bisa diajarkan?

Segala sesuatu yang bisa dipelajari pasti bisa diajarkan. Menulis adalah keterampilan yang bisa dipelajari, bahkan bisa dipelajari sendiri tanpa bantuan pelatih. Pelatih atau trainer lebih berfungsi untuk mengefektifkan proses belajar.

Apakah dengan mengikuti training saya akan langsung bisa menulis?

Jawabannya sama dengan pertanyaan apakah orang akan langsung bisa berbahasa Inggris setelah mengikuti kursus? Apakah orang bisa langsung bisa berenang setelah les berenang? Bisa, sejauh orang yang bersangkutan mau berlatih. Jadi bukan kursus itu sendiri yang membuatnya bisa, tetapi latihannya.

Kalau begitu saya tidak harus mengikuti training?

Sama sekali tidak harus. Anda bisa belajar sendiri. Orang juga tidak harus ikut les berenang untuk bisa berenang, tidak harus les Bahasa Inggris untuk bisa berbahasa Inggris, tidak harus kursus gitar untuk bisa bermain gitar.

Kalau begitu untuk apa fungsi kursus atau training?

Seperti yang kami katakan di atas, kursus atau training berfungsi untuk mengefektifkan proses belajar. Bisa jadi orang memerlukan waktu yang sangat lama untuk belajar karena dia tidak tahu bahwa ada cara yang lebih efektif untuk belajar. Nah, dalam pelatihan kami, Anda akan dipandu untuk bisa belajar dengan lebih efektif dan efisien.

Apakah setiap orang bisa belajar menulis? Ada syarat yang harus dipenuhi?

Ada. Syaratnya adalah Anda tidak buta huruf.

Ah, Anda bercanda… sesederhana itukah?

Memang sederhana… jadi jangan dibikin repot.

Kalau begitu misalnya saja nggak ikut training tapi memakai model mentoring atau coaching, mungkinkah?

Bisaaaaaaaaa….

Anda punya mitra trainer, atau memberikan training secara solo?

Tergantung kebutuhan dan tergantung permintaan. Dalam banyak kesempatan saya memberikan pelatihan sendiri. Tetapi dalam banyak kesempatan yang lain lagi saya memberi pelatihan bersama mitra-mitra saya.

Siapa mitra Anda dalam memberikan training?

Mitra kelembagaan saya ada beberapa seperti: Proaktif Network, Writer Schoolen, Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP), RMIT Australia. Mitra-mitra pribadi saya antara lain: Andrias Harefa (SPP), Hasudungan Sirait (SPP & ISAI), Ignatius Haryanto (LSPP), Maria D Andriana (LKBN Antara), Edy Zaqeus (Bornrich Publishing), Agoeng Widyatmoko (SPP), Rab Adibroto (SPP). Dengan bangga saya sampaikan bahwa saya pernah memberikan training bersama Duncan Graham, wartawan veteran asal Australia yang kini menetap di Surabaya.

Anda tertarik? Silakan hubungi kami di her@jurutulis.com atau telp di nomor 0813 8427 5314.

Telah Dibaca:2062

Leave a Comment